Belajar menggunakan HP dengan bijak

girls-on-mug-phone-2

People used what they called a telephone because they hated being close together and they were scared of being alone” Chuck Palahniuk

Saat ini telepon selular bukan barang mahal. Hampir semua orang memilikinya. Telekomunukasi menjadi hal sangat menyita kehidupan bermasyarakat saat ini. Rasanya cemas dan tidak nyaman bila tidak membawa handphone. Seakan orang tidak dapat terbisah dengan gadget. Dari mulai bangun tidur sampai kembali ke peraduan, gadget selalu di sampingnya. Sampai-sampai sahabat saya mengatakan bahwa gadget adalah suami keduannya. Aduh, sampai sebegitunya ya, pikir saya.

Meskipun teknologi telah membuat gadget memiliki fitur yang amat canggih dan selalu keluar seri-seri baru di hampir setiap bulan, tetapi  kita harus bijaksana. Jangan sampai kita di buat terbuai oleh piranti canggih tersebut dan kita lupa dengan tata krama menggunakannya. Sebagai contoh adalah hal yang saya alami , teman saya SMS saat lewat tengah malam. Dan tadi pagi , teman saya kembali mengulang SMS dengan di tambah pertanyaan kenapa saya tidak merespon SMSnya tadi malam. Bagi saya tidaklah wajib menjawab SMS setelah pukul sebelas malam. Karena saya selau menonaktifkan handphone saya setelah pukul sebelas malam, karena saya ingin beristirahat dengan nyaman. Hal seperti itu merupakan contoh bahwa pemilihan waktu untuk SMS saja sangat penting apalagi menelphone seseorang.

Biasanya pada saat kita menerima pesan singat berisi dua hal. Yang pertama adalah hal yang bersifat informasi dan yang kedua berisi pertanyaan. Bila hal yang berisi informasi, kita bisa menjawab dengan ucapan “terima kasih atas informaninya”. sedangkan bila berisi pertanyaan kita diharapkan menjawabnya meskipun singkat.

Ada beberapa yang sebaiknya kita perhatiakan dalam menggunakan telepon, yaitu
1. Gunakan telepon sebagai mana fungsinya
Artinya gunakan telepon sebagai alat atau sarana untuk berkomunikasi dengan baik.Telepon tidak akan dapat mengganti keberadaan kita bila kita dibutuhkan. Gunakan telepon untuk memberitahukan apabila kita akan mengubah informasi yang telah kita berikan.
2. Perhatikan nada dering
Ubah nada dering atau volume telepon apabila berada di tempat – tempat umum, misalnya tempat ibadah, rumah sakit, bioskop atau ruang rapat. Nada dering yang terlalu keras akan membuat suasana tidak nyaman dan mengganggu.
3. Jawab panggilan dengan ramah
Keramahan tidak hanya mampu ditunjukkan saat kita bertemu dengan seseorang. Pada saat menjawab telepon pun lawan bicara akan mengetahui apakah kita menjawab dengan ramah atau tidak.
4. Simpan gadget
Tidak selamanya telepon atau gadget ada di tangan kita atau disamping kita. Simpanlah gadget apabila memang tidak diperlukan. Misalnya pada saat jamuan makan, atau kita diharapkan untuk betemu seseorang dan mendiskusikan sesuatu atau pada saat kita makan bersama keluarga.

Satu contoh lagi yang saya alami adalah pagi tadi disaat saya akan memulai bekerja, teman saya menelepon dan berbicara masalah yang sangat pribadi yang menurut saya hal tersebut bisa dibicarakan dengan orang rumah. Ini adalah salah satu contoh bahwa pemilihan waktu dan topik pembicaraan sangat tidak tepat. Ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam penggunaan telepon , misalnya:
1. Jangan menggunakan telepon untuk membicarakan masalah pribadi. Bila mengginginkan curhat bisa bertemu langsung dan membuat janji terlebih dahulu. Jangan berbicara masalah pribadi melalui telepon di tempat umum. Jika terpaksa, lakukan dengan singkat dengan minta ijin terlebih dahulu.
2. Jangan menjawab telepon atau berbicara melalui telepon terlalu keras di tempat umum. Pilihlah tempat yang sesuai bila anda sedang berada di tempat umum dan anda bisa berbicara pelan serta jelas.
3. Hindari mengirim pesan singat atau menjawab telepon pada saat kita sedang diajak bicara ,pada saat rapat atu saat pertemuan. Bila memang perlu mohon ijinlah terlebih dahulu.

Telepon bukan barang yang asing kita gunakan. Hampir setiap hari kita menggunakannya. Tetapi kadang kita lupa bahwa cara menyampaikan informasi atau menjawab panggilan telepon harus sesuai dengan etika yang berlaku. Belajar menggunakan telepon dengan baik dan santun sangatlah perlu.
Semoga catatan kecil dapat mengingatkan kita bahwa alangkah perlunya mengetahui hal yang sebetulnya sederhana tetapi sering kita abaikan.

Tinggalkan komentar